Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Salurkan Dana Hibah Keagamaan Rp 1,5 Miliar


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora menyaksikan penandatanganan NPHD Keagamaan 2018 di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Kamis (5/7).

Doloksanggul (Protokol)-Pemkab Humbahas salurkan dana hibah keagamaan dan lembaga keagamaan tahun 2018  sebesar Rp 1,5 miliar, Kamis (5/7) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Penyaluran hibah itu dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Asisten Administrasi Umum dan Kesra Drs Janter Sinaga dan lainnya.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengharapkan agar dana hibah itu dipergunakan dengan baik sesuai dengan peruntukannya. “Berapapun dana itu harus disyukuri untuk pembangunan keagamaan.  Harus kita akui, masih banyak lembaga keagamaan yang belum menerima hibah, tapi secara bertahap akan dibantu pemerintah. Bantuan itupun harus berdasarkan proposal yang disampaikan kepada Pemkab Humbang Hasundutan. Pemkab Humbahas akan memberikan bantuan tanpa membedakan besar kecilnya gereja ataupun mesjid. Bantuan hibah yang diberikan Pemkab masih sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan sesuai proposal, untuk tahun berikutnya akan ditampung dananya lebih besar, sehingga kedepan Humbang hasundutan jauh lebih hebat dari tahun-tahun sebelumnya” jelas Bupati Humbahas. 

Dalam pertemuan itu, Bupati Humbahas menghimbau kepada tokoh agama  agar ikut berperan aktif mensukseskan program pertanian. Sehingga masyarakat Humbang Hasundutan yang mayoritas hidup dari sektor pertanian semakin sejahtera.

Kabag Kessos Jakkon H Marbun SE melaporkan bahwa hibah itu diberikan sebagai upaya mencapai visi Kabupaten Humbahas yaitu mewujudkan Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul. Sebagai bentuk dukungan Pemkab Humbahas dalam rangka pembangunan rumah ibadah dan pembangunan rohani masyarakat. Termasuk mendukung terwujudnya misi Pemkab Humbahas yaitu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penerima hibah sebanyak 103 yaitu gereja, mesjid dan lembaga keagamaan dengan nilai total Rp 1,5 miliar.  Para penerima hibah melakukan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) keagamaan 2018 disaksikan Bupati Humbahas dan Wakil Bupati Humbahas. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)