DISKOMINFO TAPANULI TENGAH LAKUKAN STUDI BANDING KE DISKOMINFO HUMBAHAS


Foto bersama : Rombongan Diskominfo Tapanuli Tengah dan Diskominfo Humbang Hasundutan

Adapun rombongan Diskominfo Kabupaten Tapteng antara lain Deddy Sudarman Pasaribu Plt.Kadis Diskominfo, Sonny Juanda Nasution Kabid Layanan Kominfo, Deddi Arto Hutauruk Kasubbid Inotek – Bappeda, Thomas E. Sianturi  Kasi Pengembangan Aplikasi dan Harmen Harahap Staf Diskominfo.

Kunjungan tersebut  diterima langsung Kadis Kominfo Kabupaten Humbahas Drs. Hotman Hutasoit yang didampingi Kepala Bidang Informatika Deddy Situmorang, SE., M.Si., Kepala Bidang Komunikasi Nurliza E. Pasaribu, S.Kom,. M.Si. dan Kasi Penyelenggaraan E-Government Rahmat Gunawan Manik, S.Kom.

Plt. Kadis Kominfo Tapteng Deddy Sudarman Pasaribu mengatakan bahwa kunjungan mereka ke Pemkab Humbahas sesuai saran tim technical assistance KPK agar melakukan studi banding ke Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang telah melakukan pengembangan Infrastruktur TIK dan pengelolaan Data Center. Salah satunya adalah Pemkab Humbahas merupakan daerah yang telah mengembangan jaringan yang terintegrasi dan dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Humbahas.

Lebih lanjut, Deddy Sudarman menjelaskan melalui studi banding ini, kami mengharapkan mendapat informasi dan berbagi pengalaman dalam pengembangan infrastruktur TIK dan pengelolaan Data Center, sehingga nantinya kami dapat membangun di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kadis Kominfo Humbang Hasundutan : Drs. Hotman Hutasoit saat memberi Paparan

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Hotman Hutasoit menyambut baik atas kunjungan Diskominfo Kabupaten Tapanuli Tengah ke Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan. Hotman menjelaskan bahwa Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru dibentuk tahun ini, sehingga kami terus berbenah dalam meningkatkan infrastruktur TIK dan pengelolaan Data Center untuk mewujudkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dan pada saat ini Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan ikut dalam rencana aksi pencegahan korupsi terintegrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Sumatera Utara.

Secara teknis pengembangan infrastruktur TIK dan pengelolaan data center Pemkab Humbahas, Deddy Situmorang, SE, M.Si memaparkan kepada rombongan Diskominfo Tapanuli Tengah bahwa Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan telah menyambungkan jaringan internet keseluruh Instansi Pemkab Humbahas dan 7 kecamatan dari 10 kecamatan.Selain lokasi  itu, puskesmas, sekolah dan 2 kantor polsek  yaitu polsek pollung dan polsek onan ganjang juga sudah disambung dengan internet pemkab. Perangkat yang dipergunakan adalah radio wireless.

Untuk melayani daerah yang sulit dikonekkan melalui perangkat wireless dan berada di daerah terpencil di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pemkab Humbahas mengkonekkan melalui layanan VSAT (Verry Small Aperture Terminal). VSAT tersebut diperoleh dari bantuan akses internet program Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pemkab Humbahas mendapat 27 lokasi antara kantor camat, sekolah dan puskesmas.

Foto di lingkungan kantor Dinas Penanaman Modal dn Perizinan Terpadu Satu Pintu Kab. Humbang Hasundutan

Selain jaringan internet, Diskominfo Kabupaten Humbang Hasundutan juga mengelola data center. Data center tersebut dibangun untuk sentralisasi semua perangkat hardware berupa server dalam mempermudah akses terhadap aplikasi seperti aplikasi eplanning, ebudgeting, eperizinan, LPSE, hosting website dan lainnya.

Lebih lanjut, Deddy menjelaskan bahwa berdasarkan tugas dan fungsinya Diskominfo Humbahas bertanggung jawab dalam melakukan pengembangan,  mengelola dan pemeliharaan perangkat dan kelancaran akses internet serta berjalannya aplikasi. Instansi tidak perlu lagi repot mengurusi perangkat dan aplikasi, semua ditanggung jawab oleh diskominfo.

Setelah pertemuan, dilanjutkan kegiatan meninjau data center Pemkab Humbahas dan beberapa lokasi infrastruktur TIK seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah. (Diskominfo-HH)