Festival Martumba Tingkat SLTP/SLTA Dilaksanakan di Humbang Hasundutan, Juara I Tingkat SLTP dari Paranginan, SLTA dari Pollung


IMG_0777

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora menyerahkan tropy kepada SLTP Negeri 1 Paranginan sebagai juara I festival Martumba di Aula Huta Mas Doloksanggul, Kamis (21/7)

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-13 Kabupaten Humbang Hasundutan, berbagai kegiatan dilaksanakan antara lain festival martumba tingkat SLTP/SLTA yang digelar di Aula Huta Mas Doloksanggul, Kamis (21/7). Hadir dalam festival itu Sekda Saul Situmorang, SE.,MSi, Kadis Perhubungan dan Pariwisata Mangupar Simanullang SH, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny Mariati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Humbahas Ny Betty Saul Situmorang, tokoh masyarakat RW Manalu dan ratusan peserta festival utusan setiap kecamatan.Sebelum martumba digelar, Mangupar Simanullang menjelaskan peserta festival tingkat SLTP diikuti 8 tim dan setiap tim sebanyak 25 orang. Tingkat SLTA diikuti 10 tim, masing-masing 25 orang siswa perwakilan dari 10 kecamatan. Materi festival tingkat SLTP adalah Ramba Dia, Pature Humbang Hasundutan dan Humbahas Do Hutanta (taridem-idem). Sedangkan materi tingkat SLTA adalah Sengko-Sengko, Sigulempong dan Aek Sibulbulon.Tim juri yaitu Juliana Rotua Manalu S.Pd (penilai seni budaya), Rusdin Lumbangaol S.Pd (penilai seni tari) dan Nova Imelda Tambunan S.Pd sebagai penilai tata busana. Hadiah, kepada juara I-III diberikan tropy dan uang sedangkan bagi yang belum berhasil meraih juara hanya diberikan uang pembinaan. Bukan hanya itu saja, uang saku bagi pembina, uang transportasi bagi setiap tim juga diberikan panitia.

Tujuan martumba yaitu menggali, mengembangkan dan melestarikan seni budaya Batak khususnya martumba sebagai warisan budaya Batak. Sebagai upaya untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap seni budaya tradisi khususnya martumba. Kemudian sebagai wujud kepedulian kepada generasi muda. Festival martumba ini dibuka Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE diwakili Sekda Saul Situmorang, SE., MSi.

Sekda Humbahas Saul Situmorang mengatakan tumba merupakan tarian rakyat daerah Batak yang dilakukan kaum muda-mudi.Tarian tumba memiliki keunikan karena dilakukan sambil bernyanyi dan alat musik yang dipergunakan juga tergolong sederhana. Martumba (melakukan tarian tumba) dahulu dilaksanakan ketika musim bulan purnama.

Lagu yang dinyanyikan dalam martumba berisi umpama (perumpamaan) dan umpasa (pantun). Setiap umpama dan umpasa yang dinyanyikan memiliki makna tersendiri yang berisi nilai-nilai budaya dan pesan moral kepada masyarakat umum khususnya kalangan muda-mudi. Secara umum tarian tumba memiliki fungsi sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. Selain itu, tarian tumba juga menjadi sarana untuk melatih kerjasama, kekompakan dan sebagai alat pembangunan karakter atau moral.

Pemkab HumbangHasundutan menyambut baik kegiatan ini, kiranya para generasi muda khususnya peserta festival dapat mempelajari nilai-nilai budaya dan pesan moral yang terkandung dalam tari tumba sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Martumba ini harus digalakkan, bukan hanya dalam festival tapi harus dipelajari setiap hari. Apalagi dalam menyambut Badan Otorita Danau Toba. Sehingga Humbang Hasundutan siap menerima kehadiran Badan Otorita Danau Toba tersebut.

Kegiatan ini juga tidak terlepas atas partisipasi para camat dan guru-guru SLTP dan SLTA, yang telah memberikan dukungan dan perhatian. Sehingga para anak-anak didik sekolah bias tampil menunjukkan kebolehannya dalam seni martumba. Kepada panitia, dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Pariwisata juga diucapkan terimakasih. Bagi peserta festival yang berprestasi akan tampil pada puncak HUT ke-13 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2016. Bahkan akan tampil dalam festival danau toba bulan September 2016 mendatang. Kepada yang belum berhasil meraih juara, jangan berkecil hati karena bukan gagal dalam festival martumba tapi suatu kesuksesan yang tertunda.

Dalam festival itu, juara I tingkat SLTP dari Kecamatan Paranginan, juara II Kecamatan Onanganjang dan juara III Kecamatan Doloksanggul. Tingkat SLTA, juara I Kecamatan Pollung, juara II Kecamatan Baktiraja dan juara III Kecamatan Doloksanggul. Tropy dan hadiah diserahkan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora. (rhs-kominfo hh)